Pada artikel ini akan dibahas mengenai Kapal ferri listrik terbesar di Amerika Serikat bersiap untuk berhenti menggunakan bahan bakar diesel untuk membantu Washington mencapai tujuan aksi iklimnya. Pemandangan sangat indah dari dek hampir semua feri di area metro Seattle. Penumpang meluncur di dekat siluet bergerigi Pegunungan Olympic dan melewati puncak Mounts Hood dan Rainier yang menjulang di atas Puget Sound. Keindahan perjalanan “tidak pernah menjadi tua,” kata Jessica Dubey, yang telah bersepeda ke perahu selama 16 tahun dengan kapal feri dari Pulau Bainbridge ke Seattle. “Duduk di luar sangat damai — udara, suara, dan pemandangan,” katanya.
Namun tidak semua kursi dibuat sama. Dubey dan penduduk setempat lainnya tahu untuk menghindari bagian belakang perahu, tempat cerobong asap mengeluarkan asap ke udara. Mesin bertenaga diesel berdampak besar pada paru-paru penumpang dan lingkungan sekitarnya: feri Departemen Transportasi Negara Bagian Washington (WSDOT) menyumbang lebih dari setengah polusi udara yang dihasilkan oleh kapal pelabuhan di Puget Sound, menurut negara bagian itu. Departemen Ekologi.
Jika semua berjalan sesuai rencana, statistik itu akan segera menukik. Beberapa kapal terbesar dalam armadanya — yang 23 kapalnya menjadikannya armada feri terbesar di negara itu, yang dianggap sebagai bagian dari sistem jalan raya negara bagian — akan menggunakan listrik mulai tahun 2021. Perubahan itu terjadi ketika Washington mulai menerapkan Mitigasi Penerima Manfaat Volkswagen yang baru-baru ini diselesaikan. Plan, yang membagi dana yang diterima dari skandal diesel perusahaan mobil. Selama badan legislatif negara bagian mengesahkan pendanaan pada Januari 2019, proyek elektrifikasi feri akan menerima dukungan sekitar $ 117 juta.
Begitu feri diubah, kualitas udara akan meningkat. “Polusi diesel menimbulkan tiga ancaman bagi kesehatan masyarakat yang terpapar,” kata Max Baumhefner, pengacara senior di NRDC yang berfokus pada listrik di sektor transportasi negara. “Pertama ada toksisitas langsung, lalu ada kontribusi diesel terhadap masalah kualitas udara regional dan perubahan iklim global, yang pada gilirannya memperburuk masalah kualitas udara lokal,” pejabat negara memperkirakan bahwa pemberdayaan kembali kapal feri setiap tahun dapat menghilangkan hingga 30 ton polusi karbon dioksida penghasil kabut asap. per mesin.
Bukan hanya penumpang harian yang akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan perjalanan mereka antara Seattle dan Pulau Bainbridge, Bremerton, Pulau Vashon, dan Pulau San Juan, di antara rute-rute lainnya. Di musim panas, pengunjung domestik dan internasional menggandakan penumpang di beberapa rute. Dan sepanjang tahun, feri adalah transportasi penting, saluran integral untuk perdagangan lokal, kendaraan darurat, dan banyak lagi.
Penunggang akan melihat transisi bertahap dalam armada feri: Pertama, tiga feri terbesar dalam sistem akan diubah untuk beroperasi dengan kombinasi tenaga listrik dan diesel yang disimpan dengan baterai. Kapal-kapal itu pada akhirnya akan menjadi serba listrik, tetapi stasiun pengisian pertama perlu dibangun, yang akan memakan waktu tambahan, kata Max von Ruden, direktur teknik dan pemeliharaan kapal untuk Divisi Feri WSDOT. Untuk sementara, pengurangan 25 persen penggunaan bahan bakar diesel kapal-kapal ini akan dimulai pada tahun 2021. Segera setelah busi dipasang di setiap pelabuhan penyeberangan (direncanakan pada tahun 2023), mereka akan dapat beroperasi penuh dengan tenaga listrik.
“Teknologi baterai menjadi tersebar luas,” kata von Ruden, mengutip 30 lebih feri di Norwegia, Denmark, dan Swedia yang sedang dalam proses diubah menjadi tenaga listrik saja. Tycho Brahe dan Aurora, yang beroperasi antara Denmark dan Swedia, telah menggunakan listrik sejak 2015. Pada tahun 2023, seluruh armada feri Norwegia akan menjadi serba listrik, dan negara-negara lain, termasuk Cina, ingin melakukan perubahan yang sama pada mereka. kapal kargo juga. “Ini bukan teknologi baru atau berisiko tinggi,” kata von Ruden.
Feri bukanlah satu-satunya pengguna bahan bakar diesel besar yang mendapatkan peningkatan listrik di tahun-tahun mendatang. “Karena harga baterai telah turun 80 persen antara tahun 2010 dan 2017, sekarang kami dapat mulai menyetrum truk, bus, derek, forklift, kapal, dan hal-hal besar lainnya yang menjadi sumber utama polusi diesel berbahaya,” kata Baumhefner. Itu terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan orang.
Proyek-proyek ini tidak hanya baik untuk lingkungan — tetapi juga bermanfaat bagi perekonomian. Di Seattle, sekali feri beroperasi dengan tenaga listrik penuh, mereka akan menggunakan bahan bakar 90 persen lebih sedikit daripada yang dikonsumsi armada saat ini. Itu berarti penghematan “signifikan” untuk WSDOT, catat von Ruden, yang menambahkan bahwa “studi awal menunjukkan proyeksi penghematan siklus hidup sebesar $ 60 juta”. Elektrifikasi juga akan menghilangkan beberapa ketidakpastian dalam anggaran feri departemen. “Harga bahan bakar berfluktuasi, dan ketika harga bahan bakar naik, itu benar-benar berdampak pada kami,” tambahnya. Pada tahun-tahun dengan harga solar yang tinggi, proyek pemeliharaan dan perbaikan yang penting harus ditunda karena tidak ada cukup uang untuk menyeimbangkan anggaran. Listrik secara signifikan tidak mudah berubah dalam hal biaya, terutama karena Washington menghasilkan begitu banyak listrik dari tenaga air.
Kehidupan laut Puget Sound — termasuk orca yang terkepung — juga akan mendapatkan keuntungan dari kapal feri elektrik. Pada tahun 2013, peneliti University of Washington yang mempelajari pemandangan suara di beberapa bagian perairan ini menemukan bahwa setidaknya satu kapal besar yang berisik — kapal kontainer, kapal feri, atau kapal tunda — melintasi jalur pelayaran yang sibuk di kawasan itu setidaknya 90 persen dari waktu tersebut. Layaknya mobil hibrida, feri elektrik akan jauh lebih senyap, mengurangi kebisingan buatan manusia yang dapat meredam suara yang diandalkan mamalia laut untuk mencari makan, berkomunikasi, dan fungsi vital lainnya. Suara mesin, seperti yang dihasilkan oleh feri besar, dapat mempersulit ekolokasi bagi hewan yang menggunakan suara untuk mencari makanan.
Kombinasi dari alasan kuat untuk beralih ke listrik adalah “kasus yang sangat menarik sehingga badan legislatif mendanai kami untuk melanjutkan desain” feri baru, kata von Ruden. Desain itu dikirim pada akhir Oktober.Selain mengubah feri yang ada untuk beroperasi dengan tenaga listrik, WSDOT berencana untuk memperkenalkan lima feri baru — semuanya hibrida — untuk memenuhi perkiraan peningkatan penumpang sebesar 30 persen selama 20 tahun ke depan. Enam belas kapal hibrida baru tambahan akan ditambahkan pada tahun 2040 untuk menggantikan beberapa kapal tua, yang telah digunakan selama hampir 50 tahun.
Percontohan proyek elektrifikasi feri di Seattle mungkin menginspirasi kota-kota lain untuk mengikutinya. San Francisco Bay Area baru-baru ini meluncurkan feri hybrid plug-in pertamanya, sebuah langkah yang kemungkinan akan diikuti oleh upaya lebih lanjut untuk meningkatkan armadanya. Feri Staten Island di New York dan feri antara Long Island dan Connecticut juga dapat menjadi kandidat untuk elektrifikasi.
Sementara itu, para komuter Puget Sound sangat menantikan transisi. Penglaju sepeda-ke-feri Karl Fritzche sangat terkejut dengan kecepatan proyek yang akan terus berjalan. “Feri itu keren, dan ikonik untuk daerah itu, dan senang melihatnya di suaranya,” katanya, “tapi kemudian Anda melihat asap berlebih ini melayang ke udara dan itu menghilangkannya. Beralih ke tenaga listrik adalah langkah maju yang tepat. “